Image of Dari Ave Maria  ke Jalan Lain ke Roma

Text

Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma



Setalah membaca kembali buku ini, saya berpikir bangsa Indonesia harus berterima kasih kepada Idrus, dengan pengakuan yang juga telah diberikan kepada Chairil Anwar.
Dua belas cerita dalam buku ini merekam sebuah periode singkat dalam sejarah Indonesia. Tetapi sangat membekas, yakni seperti pembabakan dalam buku ini; dari zaman Jepang sampai sesudah 17 Agustus 1945, sedang di antara keduanya terdapat "Corat Coret di Bawah Tanah". Jika ilmu sejarah ini menuntut perubahan sudut pandang dalam penulisan sejarah, yakni bukan sekadar memeriksa kejadian-kejadian penting tentang para pemimpin, melainkan segala sesuatu-betapapun tidak pentingnya yang mampu mengungkap kembali gambaran aktual pada masa lalu, maka buku ini adalah jawabannya.
Penulis cerita pendek bagi Idrus bagaikan sketsa tentang masyarakat itu sendiri, dalam suatu alur yang mengungkapkan kelugasan dan ironi yang mampu menilai keadaan dengan tepatr, yakni perubahan cepat yang membuat orang Indonesia merasa asing terhadap dirinya sendiri. Suatu keadaan yang dilihat dengan getir dan sendu, tetapi dengan kacamata humor. Bahwa cerita-cerita ini ternyata semakin bermakna ketika Indonesia sudah memasuiki abad XXI, jelas nmembuktikan kelasnya sebagi teks yang dihasilkan salah satu penulis Indonesia.


Ketersediaan

00001/H/11/C.1899.213 Idr dPerpustakaan SMK N 7 (800)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
899.213 Idr d
Penerbit Pusat Bahasa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
ix, 176hlm; 21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-407-218-4
Klasifikasi
899.213
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
volume
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this